Investasi Terbaik Saat Pandemi, Properti atau Emas?

Investasi Properti di Bantul

Investasi merupakan salah satu cara  untuk menyelamatkan keuangan selain sebagai jaminan akan ketidakpastian masa yang akan depan. Instrumen investasi yang aman saat pandemi seperti ini menjadi pilihan tepat. Pandemi membuat instrumen investasi dengan risiko tinggi seperti halnya saham justru merugikan karena nilainya akan turun. 

Ada dua jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan investasi. Pertama adalah emas dan kedua adalah properti. Lalu mau pilih yang mana? Hal ini tergantung dari modal yang dimiliki. Karena tipe kenaikan harganya kurang lebih sama. Dalam memilih instrumen investasi, modal adalah salah satu point yang harus diperhatikan. Sebagai contoh adalah jika ingin investasi di emas, dengan uang 1 juta Rupiah kita sudah bisa melakukan investasi. Namun bagi yang meninginkan investasi properti, membutuhkan modal yang lebih besar tentunya.

Safir Senduk (independent financial planner terkemuka) menyarankan agar investor memilih properti, terutama pada saat krisis seperti ini. Investasi properti dinilai menjanjikan ke depannya, apalagi harga jualnya semakin meningkat. Pasar properti saat ini juga sedang gencar menawarkan berbagai promo dan kemudahan lainnya. Sehingga kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mencari properti pada harga terbaik. Bisnis dan investasi properti memiliki minimal dua keuntungan. Keuntungan pertama dari naiknya harga properti yang dari selisih harga beli dengan harga jual atau capital gain. Keuntungan kedua adalah dari hasil menyewakan aset properti. Namun, properti memiliki likuiditas yang rendah apabila dibandingkan dengan emas. Sebab pemilik tidak bisa langsung menjual propertinya. Belilah properti dengan tujuan untuk disewakan agar memiliki keuntungan berlipat. 

Namun apablila bila Anda memiliki dana berlebih dan untuk meminimalisir risiko saat Anda butuh dana yang cepat dan mendesak pilihan kombinasi portofolio investasi properti dan emas adalah pilihannya. Setelah Anda investasi properti sisihkan investasi emas sesuai dengan kebutuhan Anda saat membutuhkan uang mendesak. Semoga Bermanfaat. 

Pages