Siklus dan Peluang Investasi Properti 2020


Rumah Murah di Bantul


Indonesia pernah mengalami puncak pertumuhan properti pada tahun 2005 dan tahun 2013. Kemudian setelah tahun 2013 mengalami penurunan hingga pada posisis terburuk pada tahun 2019. Apabila melihat siklus pertumbuhan properti antara tahun 2005 sampai dengan 2013, properti mengalami masa puncak pertumbuhan setelah 8 tahun (2005 s.d. 2013). Dengan melihat sikulus di atas diperkirakan properti akan mengalami puncaknya pada tahun 2022.

Pemerintah menjadikan pertumbuhan industri properti sebagai indikator pertumbuhan ekonomi karena industri properti sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Industri properti melibatkan banyak sektor dan memiliki multiplier effect pada perekonomian.  Pemerintah cukup concern terhadap industri properti sehingga berupaya membuat program-program untuk mendorong pertumbuhan properti, namun saat ini pemerintah masih terkonstrasi pada sisi permintaan properti (demand side) atau konsumen. Belum banyak menyentuh dari sisi pengembang (supply side). Untuk sisi permintaan properti sudah tumbuh namun untuk perkembang developer masih stagnan. Kecepatan, kemudahan, dan hilangnya tindakan koruptif dalam perizinan usaha properti bisa membuat developer bergairah.  


Semoga ditahun 2022 sektor properti betul-betul mencapai puncaknya dan tahun 2020 ini merupakan awal kebangkitan properti sehingga tidak salah bila Anda mengambil keputusan berinvestasi properti saat ini.

Semoga bermanfaat!!

Sumber: cnbc

Pages