8 Cara Memilih Developer / Pemborong Rumah

Borong RUmah Jogja

Mempercayakan proses pembangunan rumah kepada pemborong/developer menjadi solusi dalam mempermudah poses pembangunan rumah. Meskipun sudah mempercayakan proses pengerjaan kepada pengembang tinggal mengawasi perkembangannya. Akan tetapi, sebelum mempercayakan pengerjaan proyek pada satu kontraktor/pemborong, ada beberapa kriteria yang yang perlu diperhatikan.




1.       Reputasi

Yang tidak kalah penting adalah mengecek bonafiditas kontraktor / pemborong tersebut. Termasuk seberapa besar pekerjaan yang pernah dilaksanakan, bagaimana ketepatan dengan rencana baik mutu, biaya maupun waktu.

2.       Pengalaman

Pilih kontraktor/pemborong berpengalaman, terutama pekerjaan yang sejenis dengan yang akan dikerjakan. Cek hasilnya dengan melakukan kunjungan ke proyek yang telah dilaksanakan. Pastikan bahwa kontraktor tersebut benar-benar melakukan seluruh pekerjan tersebut.

3.       Harga kompetitif

Harga yangditawarkan haruslah harga yang wajar, tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah tetapi yang paling kompetitif di antara yang lain. Harga yang ditawarkan harus jelas dan tidak terdapat hal-hal tersembunyi, yang memiliki potensi perselisihan di kemudian hari.


4.       Pengetahuan atas pekerjaan

Pengetahuan pemborongan / kontraktor dapat dilihat dari bagaimana kontraktor bis amenjelaskan pekerjaan secara detail.

5.       Manajemen dan administrasi

Kerapian administrasi dapat dilihat dari laporan-laporan yang dibuat pada proyek yang lain maupun saat melakukan penawaran.

6.       Kekuatan finansial

Modal awal diperlukan terutama untuk memulai pekerjaan. Kontraktor tidak boleh hanya mengandalkan dana dari owner. 

7.       Perhatian terhadap Keselamatan Kerja

Keselamatan Kerja menjadi komponen yang penting dalam proyek, hal ini berpengaruh terhadap target yang dicapai dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

8.       Keseriusan

Yang juga penting adalah keseriusan kontraktor terhadap proyek. Hal ini bisa dilihat dari ketepatan waktu pengerjaan, kerapian administrasi, maupun komunikasi.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages