http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Kelebihan dan Kekurangan Bangun Rumah Sendiri vs Beli Rumah Jadi

Jual Rumah Bantul
hub.uberflip.com
Apakah saat ini Anda sedang bingung antara beli rumah jadi atau bangun rumah sendiri? Pilihan ini terkadang membuat kita bimbang. Sebetulnya apa kelebihan dan kekurangan bangun rumah sendiri jika dibandingkan beli rumah yang sudah jadi? Berikut kita bahas di bawah ini:



1.     Bangun Rumah Sendiri

Kelebihan
a.  Desain rumah sesuai keinginan
Salah satu kelebihan dari membangun rumah adalah kita bisa membuat sendiri desain rumah sesuka hati sesuai dengan kesiapan dana yang dimiliki. Hal ini tentu sangat berbeda jika kita membeli rumah dari developer, di mana bentuk atau desainnya telah ditentukan oleh pihak pengembang. Luas bangunan dan desain rumah bisa disesuaikan dengan selera kita. Kamu dapat mendesain ruang-ruang di rumah sesuai keinginanmu.

b. Hemat Biaya
Lebih hemat biaya karena Anda bisa menentukan sendiri kontraktor bangunan dan luas bangunan yang hendak dibangun

c. Jangka Waktu Penyelesaian
Jangka waktu penyelesaian rumah bisa kamu diatur sendiri sesuai kebutuhan dan budgetmu.


Kekurangan
a.  Prosesnya cukup rumit
Prosesnya cukup rumit, yaitu meliputi pemilihan lokasi dan mengurus proses perizinan, memilih arsitek untuk mendesain rumah, memilih kontraktor pembangunan rumah dan mengurus instalasi air, listrik, jaringan telepon, internet dan sebagainya.

b. Proses legalitas
Proses legalitas (keabsahan sertifikat, IMB) lebih berisiko jika tidak diurus oleh tenaga profesional. Potensi risiko biaya legalitas terselubung (biaya tidak resmi) jika diurus oleh tenaga yang tidak berpengalaman.

c.  Jangka waktu pembangunan lama
Namun yang perlu diperhatikan adalah proses pengerjaan untuk membangun sebuah rumah tentu sangat memakan waktu. Anda harus mengeluarkan waktu hingga rumah selesai dibangun sesuai dengan yang diharapkan.

d.  Dana pembangunan terancam kuras kocek
Tidak hanya itu, Anda pun harus benar-benar pintar untuk mengelola dana untuk membangun rumah. Jangan sampai nanti dana yang dimiliki malah habis di saat proses pembangunan masih berlangsung. Untuk itu pintar-pintar lah untuk memilih bahan bangunan yang murah namun berkualitas.

e.  Risiko bongkar pasang karena tidak sesuai keinginan
Terkadang desain yang kurang matang dan kesalahan mengiplmentasikan desain oleh kontraktor/tukang tidak sesuai dengan desain atau keinginan pemilik. Hal ini membuat kita harus kerja dua kali. Membuat biaya berlipa ganda, biaya bongkar dan pasang ulang. Belum waktu pengerjaajn yang bertambah.



2.    Beli Rumah Jadi

Kelebihan
a.  Beli rumah jadi lebih praktis
Kelebihan memiliki rumah dengan cara membelinya adalah kepraktisan dan kenyamanan. Dengan membeli rumah, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara dan prosedur membangun rumah. Apalagi kini proses pencarian rumah bisa lebih mudah dengan adanya internet. Cukup duduk manis di depan laptop ataupun smartphone maka Anda bisa menemukan properti yang diincar. Calon penghuni tinggal menerima rumah yang sudah siap untuk dihuni.

b. Lingkungan dan fasilitas yang terjamin
Lingkungan dan fasilitas yang terjamin, mulai dari segi keamanan, kenyamanan, kepraktisan hingga keserasian, sejauh ini masih melatarbelakangi sebagian besar pembeli rumah jadi. Faktor keamanan merupakan kebutuhan pokok bagi penghuni rumah jadi.

c.  Legalitas rumah juga lebih terjamin.
Aman dari segi legalitas, dalam hal ini keabsahan sertifikat, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sebagainya, karena proses pengurusan sudah selesai sehingga tidak timbul risiko di kemudian hari.

d. Bisa mengendalikan pengeluaran sesuai dengan anggaran
Harga rumah seperti ini lebih terjaga stabil, sehingga kamu tahu kisaran dana yang dibutuhkan. Dana membeli rumah yang tersisa dapat digunakan untuk rencana keuangan lainnya semisal untuk berinvestasi, berdagang, ataupun berlibur.

e.  Hemat Waktu
Selain menghemat biaya konstruksi serta menghemat waktu yang terpakai jika harus membangun rumah sendiri

f.  Lokasi rumah sesuai keinginan
Bisa mencari rumah jadi yang sesuai dengan lokasi yang diinginkan


Kekurangan
a. Desain tidak sesuai dengan keinginan
Kekurangan dari membeli rumah siap huni, antara lain desain ruang-ruangnya mungkin tidak selalu cocok dengan yang kamu idamkan

b. Luas bangunan terbatas
Luas bangunan terbatas karena umumnya dalam bentuk tanah kapling.

c.  Harga relaif lebih mahal
Harga biasanya jauh lebih mahal dibandingkan dengan membangun rumah sendiri.

d.  Risiko biaya tambahan untuk renovasi
Desain rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kalau sudah begitu ceritanya, maka Anda harus mengeluarkan biaya khusus untuk merenovasi atau memperbaiki rumah. Jika kamu tidak cukup teliti, mungkin kamu akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki struktur atau instalasi rumah tersebut.


Berdasarkan pertimbangan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki untung dan rugi. Anda harus pandai memilih keputusan yang tentu sesuai dengan kapasitas dan kondisi keuangan Anda.
Berikut ini alternatif yang bisa menjadi pilihan bagi Anda:

  1. Jika Anda mempunyai dana yang cukup besar dan harus segera memiliki rumah, cukup sibuk sehingga tidak punya banyak waktu luang untuk mengurus proses membangun rumah, maka memiliki rumah dengan cara membeli rumah jadi bisa menjadi pilihan yang cocok buat Anda.
  2. Jika Anda mempunyai dana terbatas atau telah membuat anggaran minimal untuk memiliki rumah dan memiliki fleksibilitas waktu untuk tidak segera menempati rumah, maka Anda bisa memilih membangun rumah sendiri daripada membeli rumah jadi.
  3. Jangan lupa berdoa, agar segera diberi kemantapan dalam mengambil keputusan.

Semoga Bermanfaat!!


Sumber:
merdeka.com
artikel.rumah123.com

blog.urbanindo.com

0 komentar:

Posting Komentar