http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

6 Cara Merawat Rumah yang Jarang Ditempati


Ada banyak alasan memiliki rumah namun jarang ditempati atau bahkan kosong. Beberapa alasan rumah yang jarang di tempati atau bahkan kosong karena pemilik kerja di luar kota, rumah sebagai investasi, dan lainnya. Tidak jarang rumah yang tidak ditempati atau kosong terlihat tidak terawat.Perawat rumah kosong perlu dilakukan, meski tidak dihuni, tapi saat rumah dibiarkan begitu saja, rumah tersebut akan mengalami kerusakan di berbagai elemen. Memiliki rumah lebih dari satu saat ini telah menjadi tren di kalangan masyarakat, hal ini biasanya dilakukan sebagai langkan investasi karena mengingat rumah yang selalu memiliki tren harga naik. Namun pastinya kita tidak akan menempati keseluruhan rumah yang kita miliki sehingga ada beberapa rumah yang pastinya kosong.Sudah dapat dipastikan jika rumah dibiarkan dalam keadaan kosong maka akan cepat rusak. Oleh karena itu lakukanlah beberapa cara berikut ini untuk merawat rumah kosong agar tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Apabila rumah Anda terjaga tentu saja nilai investasi rumah tersebut diharapakan akan terus bertambah.


1. Bersihkan Secara Berkala

Jika Anda memiliki rumah kososng maka ersihkanlah secara berkala, karena jika tidak dibersihkan maka akan menimblkan berbagai jenis hewan yang bersarang di sana, seperti laba-laba, tikus dan beberapa jenis hewan lainnya yang pastinya akan merusak rumah. Jika rumah Anda berlokasi cukup jauh Anda dapat meminta bantuan tetangga terdekat rumah yang dapat dipercaya untuk melakukannya, yang pastinya dengan kopensasi selayaknya. Mencoba untuk mengunjungi rumah kosong Anda setidaknya sebulan sekali, jika Anda tidak bisa karena kesibukan Anda kemudian meminta orang lain yang Anda percaya atau keluarga hanya membersihkan halaman rumah dan interior rumah. Cara ini akan sedikit mengurangi potensi kerusakan rumah Anda, karena dengan dibersihkan secara berkala rumah akan masih dipertahankan dan menghindari pertumbuhan rumput yang tidak dikendalikan. Selain membuka seluruh pintu dan jendela dapat memberikan udara segar masuk dan sirkulasi akan baik. Kunjungan rumah kosong Anda minimal 1 bulan akan memberikan kesempatan untuk mengetahui kerusakankerusakan sedikit lebih awal untuk menghindari kerusakan yang lebih parah terjadi.

2. Nyalakan Lampu

Untuk mnghindari rumah lembab maka nyalakanlah selalu lampu di rumah yang kosong, selain dari itu menyalakan lampu juga dapat membuat rumah kita menjadi lebih aman dari niat orang jahat. Hal ini dikarenakan rumah tersebut akan berkesan dihuni dari pada kosong.

3. Membuka Pintu dan Jendela Secara Berkala

Jika rumah kosong dan dalam keadaan tertutup dalam kurun waktu yang lama, maka akan menyebabkan rumah tersebut menjadi lembab. Jika lembab maka akan menimbulkan jamur dan akan merusak seluruh struktur yag ada di dalam rumah seperti dnding dan kusen sehingga mudah rapuh.

4. Cat ulang rumah Anda

Kondisi cuaca yang memang menjadi masalah utama terhadap keindahan cat rumah Anda terutama luar (eksterior). Perubahan cat di rumah Anda setidaknya sekali setahun atau yang diperlukan jika memang banyak pudar dan terkelupas. Selain itu cat akan melindungi dinding dari perubahan cuaca.

5. Perbaiki kerusakan kecil


Jika Anda melihat kerusakan sedikit di rumah Anda, maka segera lakukan agar tidak menambah kerusakan yang lain. Misalnya adanya kebocoran kecil jika tidak dibenarkan akan segera menyebabkan kayu atau langit-langit rumah Anda menjadi rusak.

6. Disewakan


Untuk melakukan beberapa hal tersebut di atas telah diuraikan sebelumnya jika tidak memungkinkan maka Anda dapat meminta bantuan dari orang lain. Namun ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk merawat rumah kosong yaitu dengan menyewakan rumah tersebut kepada orang lain. Dengan demikian keuntungan yang akan Anda peroleh menjadi berlipat, selain rumah Anda terjaga dengan baik, Anda juga akan mendapatkan tambahan penghasilan yang bersifat rutin. Rumah Disewa memang akan sedikit risiko terutama jika penyewa tidak mampu mengurus rumah dengan benar, namun ini dapat diantisipasi dengan memilih penyewa yang Anda benar-benar kenal atau percayai. Rumah sewa ternyata juga dapat menjadi solusi untuk menjaga rumah tetap awet meskipun tidak Anda huni, karena ada orang lain yang selalu sibuk dan membersihkan rumah Anda. Selain itu, biaya sewa juga akan diberikan dana tambahan untuk menambah atau meningkatkan kualitas rumah Anda.

Semoga bermanfaat!


Sumber:  diminimalis.com dan  caramerawatbungamawar12.blogspot.co.id

0 komentar:

Posting Komentar