http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan

Jual Rumah di Bantul

Properti masih menjadi instrument pilihan investasi yang menguntungkan dan aman jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Nilai properti cenderung selalu naik melebihi kenaikan laju inflasi. Investasi properti  juga tidak membutuhkan upaya yang besar untuk meaikan nilai tambahnya. Tentu Anda sering mendengar saudara atau teman yang membeli rumah atau tanah kemudian dengan usaha sedikit atau membiaraknnya saja. Tiba-tiba rumah terjual atau ditawar dengan harga yang fantastis berlipat-lipat. Memang tidak selamanya didapatkan properti dengan tipe seperti di atas, kalaupun salah beli maka kemungkinan kita masih bisa meraih keuntungan, setidaknya  balik modal.Investasi property biasanya membutuhkan modal yang tak sedikit. Namun, selain aman , memilik properti juga mengunungkan. Bayangkan betapa enaknya menjadi juragan kontrakan atau kos-kosan. Income akan mengalir meskipun Anda sedang tidur.
Ada beberapa jenis properti, dibawah adalah jenis investasi properti yang umum dan bisa dilakukan oleh siapa saja.


Investasi Tanah

Membeli tanah dengan tujuan investasi terbilang mudah, yang terpenting adalah Anda memeriksa dengan teliti legalitas tanah tersebut. Nama pemilik tanah harus sesuai dengan yang tertera pada sertifikat. Pastikan pula ukuran tanah sesuai dengan sertifikat dan pastikan di mana batas-batasnya.Jika ingin harga tanahmu naik dengan cepat, pilih lokasi yang strategis. Investasi tanah kosong memiliki beberapa keuntungan antara lain biaya perawatan yang minim. Anda bisa mendapatkan untung maksimal jika menjualnya untuk jangka panjang, misalnya lima tahun ke depan.Kalau Anda menyewakan tanah kosong, umumnya keuntungannya tidak terlalu besar yaitu hanya 0,5% – 2% per tahun. keuntungan yang Anda perolehadalah dari nilai sewa per tahun dibandingkan dengan harga properti. Dengan demikian property tersebut bisa menghasilkan arus kas positif, sekurangnya property tersebut sanggup membiayai dirinya sendiri untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Menyewakan rumah

Mengingat rumah adalah kebutuhan pokok, maka tak usah khawatir akan sepinya peminat. Namun, Anda tetap harus memperhatikan baik-baik terkait lokasi. Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, pilihlah lokasi yang strategis misalnya dekat keramaian, perkantoran, atau pabrik. Sama dengan tanah, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualnya untuk jangka panjang. Rumah bisa disewakan sehingga tidak perlu khawatir terhadap biaya yang dikeluarkan untuk merawatnya. Dengan rate sewa di Indonesia berkisar antara 3 sampai 10 persen, maka hasil sewanya cukup untuk biaya perawatan dan pajak-pajaknya.

Bisnis indekos

Anda berpotensi mengantongi yield di kisaran 5% – 7% per tahun. Keunggulan bisnis indekos adalah Anda juga berpeluang mendulang untung dari usaha tambahan misalnya catering dan laundry. Ingat, pilih lokasi dekat perkantoran atau kampus agar bisnis indekos lebih lancar. Namun, berbeda dengan bisnis kontrakan, Anda harus lebih teliti dalam hal perawatan dalam bisnis indekos. Dalam kondisi tertentu, Anda bahkan harus membayar orang untuk bertugas khusus membersihkan dan menjaga indekos.Investasi apartemen dan kondominiumKebutuhan akan hunian vertikal meningkat seiring dengan semakin terbatasnya lahan. Investasi pada hunian vertikal pun menjanjikan. Investasi apartemen dan kondominium berpotensi menorehkan yield 7% – 12% per tahun.

Memang tidak semua apartemen yang menghasilkan nilai sewa seperti perhitungan di atas, diperlukan analisa terhadap suply dan demand dan pangsa pasar di sekitar lokasi jika kita memutuskan berinvestasi di apartemen. Karena apartemen umumnya digunakan sebagai tempat tinggal kedua di tengah kota untuk kemudahan mobilitas ke tempat beraktifitas. Memilih apartemen atau kondominium untuk investasi properti harus lebih teliti. Jika salah pilih apartemen atau kondominium maka akan sulit mendapatkan hasil maksimal. Misalnya lokasi yang kurang strategis, atau harus berurusan dengan pengembang maupun manajemen gedung yang kurang baik. 

Investasi ruko, kios, dan toko

Seperti halnya investasi properti jenis lainnya, investasi ruko, kios, dan toko sangat bergantung pada lokasi. Anda akan semakin mudah menemukan penyewa jika lokasinya strategis. Jika salah pilih lokasi, maka Anda akan terancam sulit mendapatkan penyewa dan juga sulit untuk menjualnya kembali. Yield untuk roko berkisar 6% – 9% per tahun. Sementara investasi kios/toko menjanjikan yield 5% – 10% per tahun


Dalam investasi properti masih berlaku prinsip “buy and wait” (beli property lalu tunggu kenaikan harga property tersebut) BUKAN “wait to buy” (tunggu harga property turun lalu beli property tersebut). Apabila Anda menunggu harga property turun baru beli, mungkin nilai uang yang Anda miliki nilainya akan tergerus hingga tidak cukup untuk membeli rumah tersebut.

Semoga bermanfaat.

Sumber: asriman.com - economy.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar