http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Cara Mendesain Taman Mungil dan Indah di Rumah Anda

Rumah Murah di Jogja

Keberadaan taman di rumah memang suatu yang penting bagi beberapa orang. Taman bisa menjadi sarana untuk me-refresh sejenak pikiran dan mata kita saat jenuh dan lelah bekerja. Ini merupakan postingan saya yang pertama mengenai desain taman, sebelumnya saya memberikan tips mengenai desain rumah selain taman. Oke langsung saja, kalau saat ini Anda memiliki sedikit sisa lahan di rumah Anda dan bingung mau diapakan sisa lahan tersebut? Daripada hanya menjadi tempat menumpuk barang atau sudut yang tak terpakai, jadikan saja taman. Tak luas memang, tapi kehadirannya sanggup memberi nuansa alam dan hijau yang sangat menyegarkan. Tidak perlu ragu karena ukurannya, taman mungil tersebut tetap dapat tampil menarik dan tentunya menunjang tampilan rumah.

Namun, karena ukurannya tersebut, diperlukan penataan yang tepat agar taman tampil menawan. Nah, apa saja yang harus dilakukan? Ini dia tipsnya!

Jual Rumah Jogja

TanamanKarena ukurannya yang tidak terlalu luas, sebaiknya lahan tidak ditanami dengan pepohonan yang besar dalam jumlah banyak. Jika memang mau menanam pohon dengan ukuran cukup besar atau yang nantinya akan tumbuh seperti itu, usahakan hanya satu dan tanam di sisi ujung taman. Bila tidak ada pohon, buat rak berjajar atau bertingkat dan letakkan pot-pot tanaman mini untuk mempercantik taman. Usahakan agar tidak terlalu banyak ornamen pada taman agar tidak terlihat penuh dan tanaman mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh.


Saluran DrainaseTaman mungil di rumah juga memerlukan saluran drainase yang baik. Meski terlihat sepele, faktor ini tak boleh diabaikan karena berpengaruh terhadap tumbuhnya tanaman. Drainase berguna untuk mencegah genangan air di taman. Genangan air akan membuat taman becek dan terlihat kotor, rumput pun juga dapat rusak karenanya.


Pijakan KakiSekalipun mungil, taman tetap memerlukan pijakan kaki. Hal ini agar tidak merusak rumput saat berjalan dan memudahkan saat tengah berada di taman, entah untuk merawat tanaman atau keperluan lainnya. Pijakan juga akan berguna ketika terdapat perbaikan rumah. Pijakan dapat berasal dari batu, koral sikat, atau semen yang dicetak. Beberapa juga ada yang menghiasnya dengan material lain, seperti kayu.

PencahayaanPencahayaan (lighting) dapat membentuk suasana taman. Dengan adanya lampu, taman mungil di pekarangan rumah tetap dapat dinikmati di malam hari. Umumnya, pencahayaan taman disatukan dengan penerangan pada fasad atau bagian luar rumah lainnya. Lampu dapat diletakkan di sisi ujung dan menerangi semua sisi taman mungil. Bisa juga, menggunakan lampu sorot dan menampilkan keindahan bagian-bagian tertentu di taman.

Semoga Bermanfaat!
Sumber: majalahasri.com

0 komentar:

Posting Komentar