http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Sudah Siapkah Rumah Anda Menghadapi Musim Hujan?

Jual Rumah Murah Jogja

Tahun ini memang kemarau relatif panjang. Sebagian wilayah di Indonesia sudah mengalami musim hujan. Tidak ada salahnya kita sudah memperisapkan sedini mungkin menghadapi datangnya musim hujan. Hujan memang bisa menjadikan udara di dalam rumah terasa lebih sejuk serta lebih nyaman, namun derasnya hujan yang turun secara terus-menerus dapat mendatangkan risiko untuk rumah. Maka dari itulah kini saatnya memberi perhatian yang lebih terhadap rumah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ketika hujan tiba yang bisa merepotkan dan mengganggu aktivitas penghuni rumah.

Disini saya akan menyampaikan tips yang harus dilakukan dan dihindari selama musim penghujan.

Bocor.

Ketika musim hujan tiba dan hujan turun deras, pertama yang mesti dilakukan ialah memastikan ada atau tidaknya kebocoran di dalam rumah, terlebih di bagian plafon ataupun di bagian pertemuan antara plafon serta dinding. Tanggulangilah untuk sementara kebocoran tersebut dengan cara menampung airnya, dan jangan lupa untuk mencatat dan menambal bagian mana saja yang bocor.

Saluran.

Masuknya air ke rumah tidak hanya dapat berasal dari atap saja, maka dari itu perhatikan pula bagian jendela serta pintu rumah. Tidak hanya itu saja, waspadailah terhadap naiknya air pada saluran air. Usahakanlah untuk membersihkan saluran air serta selokan dari tumpukan sampah ataupun tanah.

Listrik.

Hati-hati terhadap instalasi listrik yang ada di rumah, pastikanlah semua kabel listrik yang ada di rumah tak berserakan serta tak terbuka. Genangan air lantai yang terjadi akibat kebocoran juga bisa berpotensi mengalirkan aliran listrik yang bisa membahayakan anggota keluarga. Selain itu, apabila hujan tak kunjung berhenti sehingga membuat rumah banjir dan hampir mendekati stop kontak, maka segeralah untuk mematikan listrik rumah.

 Perubahan.


Selama musim penghujan, pintu dan jendela pun dapat berubah bentuk. Apabila cuaca telah membaik, mintalah kepada ahli ataupun tukang kayu untuk memperbaiki pintu supaya tak menjebak anggota keluarga di dalam ruangan.

Ventilasi.


Patikanlah ventilasi di rumah dalam keadaan baik sewaktu musim hujan tiba, supaya rumah tidak terlalu lembab sebab kelembaban dapat mengancam kesehatan anggota keluarga. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pasanglah ventilator untuk menggerakkan udara yang ada di dalam rumah. Tidak hanya mengancam kesehatan saja, namun kelembaban pun bisa merusak material berbahan kayu, semisal lemari kayu dan lainnya. Dan kelembaban pun menjadikan karpet berbau tak sedap dan bisa menampung kuman, tentunya hal tersebut bukan sesuatu yang baik untuk anggota keluarga. Maka dari itu bersihkanlah karpet supaya tak berbau dan tak menjadi sumber kuman yang bisa mendatangkan penyakit.
Dengan persiapan sedini mungkin, tentu Anda lebih mantap menghadapi musim hujan. Dengan persiapan dini pula ada bisa menghemat biaya perawatan rumah daripada harus memperbaiki ketika rumah sudah rusak.
Semoga Bermanfaat!!
Sumber: riesalam.com


0 komentar:

Posting Komentar