http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Dokumen Wajib yang Harus Ada Saat Anda Membeli Rumah.

Jual Rumah Jogja Murah

Membeli rumah merupakan salah satu pengeluran besar dalam hidup kita. Tentunya dengan pengeluaran yang besar Anda tidak ingin tertipu atau merugi. Untuk itu disini saya ingin menyampaikan dokmen yang wajib Anda terima saat membeli rumah.

SHM (Sertifikat Hak Milik)

Salah satu dokumen yang wajib ada ketika membeli atau menjual rumah. Pastikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah, lihat dulu apakah semua dokumen yang dibutuhkan sudah tersedia atau belum, mengingat saat ini banyak sekali kasus penipuan yang berkedok dengan penjualan properti. Tidak ada salahnya untuk lebih mawas diri ketika ingin membeli rumah. Pastikan nama yang tertera di sertifikat sama dengan penjual. Namun biasanya ada juga penjual yang mewakilkan penjualan rumah tersebut pada pihak lain (dikuasakan). 

IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Ini merupakan salah satu dokumen penting yang wajib ada ketika ingin mendirikan sebuah bangunan atau pun ingin merenovasi rumah. Tanpa adanya izin mendirikan bangunan ini, tempat tinggal tersebut tidak mempunyai pengikat hukum dengan begitu bisa saja terjadi penyiataaan karena bangunan tersebut dianggap ilegal, karena tidak pernah mendaftarkan bangunan rumah tersebut. Untuk itu sebelum memutuskan membeli rumah, pastikan terlebih dahulu rumah tersebut telah memiliki IMB. Tidak hanya memiliki kekuatan hukum, dengan adanya IMB ini anda akan mengetahui berapa besaran biaya ketika ingin merenovasi rumah.

PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)

Salah satu unsur legal yang harus Anda cermati adalah PBB. Membayar pajak merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu cobalah untuk menanyakan mengenai surat pajak dari bangunan yang akan Anda beli tersebut. Apabila terdapat beberapa masalah dalam pembayaran pajak rumah yang akan anda beli tersebut, alangkah lebih baik Anda meminta pemilik rumah untuk melakukan pelunasan pajak tersebut.  
Pastikan untuk selalu teliti dalam mengecek beberapa surat mengenai kelengkapan dokumen rumah. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari. Selain hal di atas Anda bisa membaca Proses Aman jual Beli Rumah yang pernah saya posting sebelumnya
Semoga Bermanfaat!
Sumber: infoproperti2.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar