http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

9 Tips dan Trik Membeli Tanah Kavling



Jual Tanah Murah di Jogja

Selain alasan untuk investasi membeli tanah khususnya tanah kavling bertujuan untuk membangun rumah meskipun pembangunannya bisa di kemudian hari. Mempunyai rumah  sendiri adalah kebutuhan dan impian keluarga.



Ada beberapa alasan orang membeli tanah dahulu sebelum membangun rumah.  Salah satunya supaya bisa membangun sesuai rancangan sendiri agar tidak sama dengan rumah lain. Adapula karena alasan finansial yaitu uang belum cukup kalau langsung membeli rumah dan alasan-alasan lain. 

Karena tujuan utama membeli kavling untuk membangun rumah maka sebaiknya  mengetahui Tips dan Trik Membeli Tanah Kavling terlebih dahulu. 


Tips dan Trik Membeli Tanah Kavling



1. Tentukan kapan akan dibangun rumah?


Contohnya akan dibangun rumah 3 tahun lagi dari membeli tanah kavling
Disini Anda dapat menduga perkembangan lingkungan sekitar 3 tahun mendatang.


2. Perkembangan lingkungan sangat menentukan

Anda harus pintar melihat perkembangan lingkungan sekitar terutama kiri kanan yang akan menjadi tetangga  nantinya. Ada kavling cepat laku tapi tidak dibangun oleh pemiliknya. Jangan sampai Anda membangun rumah tapi kiri kanan kosong dalam waktu lama, apalagi jarak kosong sangat jauh, Rumah anda terlihat terpencil sendirian. Ini tentu tidak baik dari segi keamanan, sosial masyarakat dll.


3. Ketahui asal usul tanah

Hindari beli tanah kavling dekat tempat sampah atau pinggir sungai karena alasan keamanan dan kesehatan.

4.Pilih kemiringan sekitar tanah yang landai

Pilih yang landai agar mudah membuat saluran dan aliran air. Kalau terlalu datar aliran air tersendat mudah banjir. Kalau terlalu curam boros dalam meratakan tanah.

5. Ada atau tidak fasilitas penunjang

Sudah tersedia fasilitas penunjang seperti listrik, air bersih, pasar, sekolah, rumah sakit pada daerah setempat. Kalau belum ada, Anda harus yakin sudah ada saat rumah sudah dibangun.

6. Akses jalan sudah tersedia atau belum

Akses jalan selalu menjadi kebutuhan dimanapun tanah kavling akan dibeli. Pilih akses jalan yang dapat melintas dua mobil kiri kanan.

7. Antisipasi bahaya sekitar lingkungan
Hindari membeli tanah kavling dekat jalur listrik tenggangan tinggi, jalur pipa gas, jalur rel kereta, dan area. Antisipasi juga tergusur oleh pembangunan fasilitas umum.

8. Kelengkapan surat-surat (Legalitas)


Periksa kelengkapan surat Akte atau Sertifikat, peruntukan lahan. Anda bisa cek ke RT / RW Kelurahan Kecamatan. Yang lebih penting lagi jangan sampai membeli tanah kavling dalam sengketa.

9. Kavling lama atau baru

Tanah baru dikavling pada umumnya harga tinggi. Ini disebabkan pengembang harus mengembalikan biaya-biaya dan modal mereka. Tapi kalau Anda membeli kavling sudah terlalu lama pada awalnya Anda kurang dihargai oleh lingkungan setempat. Point ini memang tidak selalu benar tapi pada umumnya demikian. Sekarang tergantung Anda memilih atau pilih saja jangan terlalu baru jangan terlalu lama.



Semoga bermanfaat.

Sumber: caramemilih.blogspot.co.id

0 komentar:

Posting Komentar