http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Supaya Tidak Kecewa Saat Membeli Rumah.



Membeli rumah adalah salah satu bagian terbesar dalam hidup sebagian besar masyrakat. Selain karena rumah merupakan kebutuhan primer, rumah juga merupakan salah satu pembelian yang besar dalam hidup kita. Maka ketelitian dalam membeli rumah merupakan suatu yang perlu kita perhatikan agar tidak menyesal di kemudain hari. 

Sebelum kesepakatan jual beli rumah terjadi sebaiknya agar Anda tidak menyesal setelah kesepakatan pembelian rumah dilakukan, sebelumnya Anda perlu cermat, teliti dan jeli dalam melihat kondisi rumah tersebut. Jangan sampai rumah yang semula Anda anggap harganya sangat sesuai bahkan terbilang murah, ternyata tidak lama setelah menempatinya Anda harus melakukan renovasi besar-besaran karena kondisi rumah yang tak layak huni.Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut tips seputar cara mengetahui kondisi rumah yang akan Anda beli yang dikutip dari buku 101 Top Tip Membeli Rumah karangan Laksamana Media.

Pertama, dimulai dari bagian luar rumah yaitu garasi. Jika Anda memiliki kendaraan baik motor ataupun mobil, maka perhatikanlah ketersediaan garasi pada rumah yang Anda incar. Lihatlah apakah garasi tersebut masih berfungsi dengan baik. Amati pintu, langit-langit dan atap serta ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sedangkan jika Anda tidak memiliki kendaraan, garasi ini bisa Anda alih fungsikan menjadi gudang atau ruang usaha di rumah. Nah, karena garasi ini banyak kegunaan, pastikan kondisi garasi tersebut layak pakai.Masuk ke bagian dalam rumah, bagian pertama kali yang harus Anda cek adalah kamar mandi. Bila kamar mandi tersebut kotor dan tidak terawat, maka sudah tentu keluarga tersebut tidak menjaga kebersihan.

Perhatikan kamar mandi tersebut dengan seksama. Bila keadaan kamar mandi dalam rumah tersebut terlampau kotor, maka Anda tidak bisa membersihkannya dengan cara biasa. Anda tentu membutuhkan jasa pembersih kamar mandi. Dan tentunya ini akan menambah pengeluaran Anda.Perhatikan pula kondisi bak mandi dan toilet. Lihat apakah keduanya berfungsi dengan baik. Amati apakah ada kebocoran atau tidak dan pastikan pembuangan toilet dapat berfungsi dengan baik.

Bagian atap rumah. Bagian ini merupakan bagian yang paling mudah diamati pada saat musim penghujan tiba. Rumah yang tak bocor saat hujan pastinya menandakan kondisi atap masih tetap baik. Tetapi, tentunya Anda tidak bisa menunggu musim penghujan tiba untuk melakukan pengecekan ini.

Cara mengakalinya, Anda cukup mencermati langit-langit rumah Anda. Bila Anda mendapatkan noda bekas rembesan air, maka patut dicurigai kondisi atap tersebut tidak lagi baik. selain itu, jangan lupa pula melakukan pengamatan pada dinding rumah. Atap yang bocor biasanya meninggalkan noda air yang merembes pada dinding.

Selain dinding menjadi kotor, rembesan ini juga membuat langit-langit menjadi lapuk. Selain atap, pastikan Anda tidak mendapati tikus, kecoa atau serangga lainnya berseliweran. Sebab, pastinya binatang-binatang tersebut sangat mengganggu.

Nah, agar binatang ini tidak mengganggu Anda, perhatikanlah setiap lubang yang tak semestinya ada di beberapa bagian rumah, misalnya di bagian bawah pintu atau ventilasi dapur. Jangan sampai Anda harus berbagi rumah baru Anda dengan penghuni lama seperti mereka. 


Semoga Bermanfaat!


Sumber: sumutpos.co


0 komentar:

Posting Komentar