http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Keuntungan Investasi Rumah

Jual Rumah Jogja

Memiliki rumah sendiri adalah keinginan setiap orang bahkan merupakan kebutuhan pokok. Selain menjadi sebuah kebutuhan, rumah juga bisa dijadikan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Sayangnya keterbatasan lokasi perumahan di pusat kota membuat sebagian orang harus membeli unit rumah di daerah pinggiran kota.

Keuntungan investasi yang diharapkan bila mana ingin berinvestasi di sektor perumahan ada dua, yaitu Capital Gain maupun Investment Yield.

A. Capital GainCapital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi kepemilikan unit barang setiap tahunnya. Artinya jika sebuah rumah didiamkan begitu saja tetap akan menghasilkan kenaikan harga dikarenakan adanya permintaan. Rata-rata kenaikan harga sebuah unit rumah berkisar antara 15 – 20% per tahun.B. Investment YieldInvestment yield adalah pendapatan tambahan yang diperoleh dengan memberdayakan rumah untuk dipergunakan sebagai instrument pendapatan tambahan, seperti disewakan/dikontrakkan dalam kurun waktu tertentu. Harga sebuah rumah sewa biasanya berkisar antara 5 – 7 % per tahun dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).Kepemilikan bangunan biasanya akan mengakibatkan adanya biaya penyusutan (depresiasi), namun hal ini akan tertutupi dengan adanya kenaikan harga bahan bangunan (besi, semen, dll) pada unit bangunan baru sehingga unit bangunan lama harganya akan tetap stabil.
Kesimpulan:(+) Kelebihan:
  • Dapat dijadikan instrument investasi ataupun tempat tinggal
  • Capital Gain : ± 20% per tahun
  • Dapat digunakan sebagai unit tambahan penghasilan,Investment yield : 5-7 % per tahun
  • Dapat direnovasi sesuai dengan keinginan pemilik

(-) Kekurangan:
  • Harus dialokasikan dana khusus untuk perawatan rumah
  • Adanya risiko kepemilikan unit (meskipun bisa dicover dengan asuransi syariah)

Sumber: natanatuh

0 komentar:

Posting Komentar