http://dijualrumahjogja.com/feeds/posts/default?max-results=200
sakinaland pengembang perumahan terpercaya Yogyakarta

Kenapa Harga Rumah di Luar Perumahan Lebih Murah?

Jual Rumah Jogja

Harga rumah di kompleks perumahan cenderung harganya relative mahal bila dibandingkan rumah di sekitar perumahan tersebut (luas bangunan, luas tanah, model, dan kualitas yang hampir sama atau bahkan di atasnya).

Beberapa yang menjadi sebab tingginyaharga rumah di perumahaan antara lain:
    PajakRumah dilokasi perumahaan dikenakan PPN 10% dari harga jual. Misalkan harga rumah 200 juta, maka pembeli biasanya harus ditambah membayar 200 juta X 10% = 20 juta. Jadi total yang harus dibayar adala 220 juta. Belum termasuk pajak pembeli atau BPHTB. Kalau beli rumah secara perseorangan biasanya tidak dikenakan PPN.
    Fasum dan FasosAdanya fasum (fasiltas umum) dan fasos (fasilitas sosial) yang menjadi beban pembeli perumahaan, beberapa diantaranya jalan lingkungan, saluran drainase, tembok keliling, jaringan listrik dan penerangan, pos keamanan, masjid, ruang publik, dan lain-lain. Sedangkan rumah perorangan biasanya fasilitas umum dan social sudah menjadi satu dengan lingkungan sekitar.         Biaya perijinanBiaya perijinan untuk perumahaan tentu lebih banyak dan lama dalam pengurusan yang tentunya ditanggung perusahaan. Sedangakan kalau beli rumah di luar perumahaan biasanya ijin hanya IMB saja.


Semoga bermanfaat.








0 komentar:

Posting Komentar